Traveling

“Traveling – it leaves you speechless, then turns you into a storyteller.”

Ibn Battuta

Advertisements
Categories: Journey | Leave a comment

Toko Sidodadi dan Roti Legenda

Siapa yang masih suka makan roti untuk sarapan, ngemil, atau teman di kala mengerjakan deadline kerjaan menggunung? Saya! Saya!

Mari ke Jalan Otto Iskandardinata nomor 255, tak jauh dari Alun-alun Bandung dan Pasar Baru. Saya lebih suka berjalan kaki ke Toko Sidodadi ini kalau sengaja ke sana. Arahnya dari halte Alun-alun, turun dari bus Trans Metro Bandung (hampir dari berbagai jurusan, mulai Leuwipanjang, Cicaheum, Kota Baru Parahyangan, dan Cibeureum).

Temukan sebuah toko kecil (dan semakin sempit berjejalan ketika para pembeli dan pelanggan mampir ke sana) yang mulai dibuka tahun 1954 dengan plang bertuliskan warna merah: Toko Sidodadi. Silakan tanya warga Bandung tempo doeloe, siapa sih yang gak kenal dengan toko ini?

Toko Sidodadi

Mau tau apa keunikan Roti Sidodadi yang legendaris ini? Cara memasaknya memakai arang sebagai bahan bakar, makanya aroma yang menguar dan menggoda indera penciuman itu menjadi khas. Istimewanya lagi, selain manual dengan tenaga tangan karyawannya, Roti Sidodadi sama sekali gak pakai pengawet, jadi ya gak akan tahan lama.

Eh, emang bener, gak tahan lama. Baru masuk display juga udah abis aja lagi.

Pembeli roti Sidodadi (yang pakai tas biru itu teman saya)

.

Tak pernah sepi pembeli. Terlambat sedikit, roti incaran habis diborong orang lain. Bahkan, ketika saya dan teman ke sana tanggal 29 Maret 2018 lalu, satu buah roti keju menjadi rebutan. Seru, kan? Jadi bener kan ya, Roti Sidodadi emang gak pernah awet. Kesel, kan? Telat dikit, bye bye roti Frans Keju favoritnya akoohhh…. *drama dimulai.

Roti Sidodadi habis

Roti-roti kecil cepat habis. Tersisa jenis Frans Cokelat yang memang disediakan banyak stoknya. Kalau beruntung, dapatkan roti yang hangat pada pagi hari ketika toko baru buka atau sore sekitar pukul 4 sore. Roti krenten (kismis), pisang, sarikaya, strawberry, smoked beef, sosi, atau kacang memiliki penggemarnya sendiri. Kamu gak akan pernah dikecewakan oleh rasanya, apapun pilihanmu. Serius.

Harga Roti Sidodadi

Setidaknya harga tercantum ini adalah yang terbaru di sana saat saya berkunjung tanggal 29 Maret 2018 sehabis berkegiatan di Masjid Raya Jawa Barat. Tapi harga ini sama sekali bukan masalah bagi para penikmat roti. Temani dengan segelas kopi atau teh panas pahit, nikmati sebuah rasa yang akan terus tinggal di hatimu.

bungkus plastik roti

Kamu akan merasa terseret ke masa lalu sejenak ketika menerima pembungkus rotinya yang beneran desain jadul. (((Jadilah peserta KB lestari))) <— ini iklan zaman dulu sampai sekitar awal 1990an. Anak zaman now dijamin bingung deh.

Toko Sidodadi juga menyediakan aneka kue basah / jajanan pasar khas Bandung, loh. Jadi, sekali jalan, kamu bisa dapatkan camilan pilihan. Lumayan buat teman sepanjang perjalanan pulang ke kotamu, kan?

 

 

TOKO SIDODADI

Jl. Otto Iskandardinata (Otista) No. 255

Google Map

Categories: Journey | Tags: , | Leave a comment

Wedang Uwuh Bantul Jogja

Berbicara minuman khas daerah di Indonesia, sepertinya tak akan cukup waktu seminggu. Dari ujung Aceh hingga ujung Papua, akan mendapati banyak minuman istimewa yang memperkaya khazanah kuliner Indonesia. Salah satunya, wedang uwuh Bantul Jogjakarta.

Wedang uwuh Bantul

Wedang Uwuh

Jadi gini, dalam bahasa Jawa, uwuh artinya sampah. Maka, wedang uwuh adalah wedang sampah. Wedang uwuh ini terbuat dari berbagai jenis herba seperti jahe, secang, kayu manis, sereh, daun jeruk, dan dedaunan lain tergantung siapa yang meraciknya. Saat diseduh, sisa ampas atau bahan-bahan minuman ini nampak seperti sampah. Warna air seduhannya pinky gitu. Kayak sirop favorit saya. Hihihi. Warna ini asalnya dari serutan secang.

Efek baca tulisannya Dipa tentang aktivitas para ibu PKK di Pager Gunung Jogjakarta, saya penasaran dengan aneka jamu yang ada dalam artikel tersebut. Ditambah japrian Dipa via Instagram, makin semangat untuk mencoba wedang uwuh tersebut.

Ada lebih dari 5 macam rempah dalam satu resep / satu porsi sajian wedang uwuh. Tetapi ada juga yang sampai menambahkan sekitar 7-10 macam rempah. Semakin lengkap, semakin sehat dan unik rasanya. Mungkin. Hahaha belum coba yang versi banyak rempah.

Rasa manis pedasnya ini lho yang unik. Kalau sedang musim hujan, rasanya sudah pas banget deh menyeduh wedang uwuh. Ketika musim kemarau, tinggal tambahin es batu dan susu cair. Kebayang enak dan segarnya?

wedang uwuh produksi ukm bantul

Pelestarian Kuliner Sehat

Bicara kuliner gak melulu soal makanan (apalagi saya tukang makan, hihihi), karena pastinya akan menyebut minuman sebagai pendamping. Seperti saya di Bandung selalu minum bandrek atau bajigur, atau ketika ke kampung Bapak di Madura pasti disuguhi air cengkeh. (apa ya namanya, pokoknya air putih biasa tapi dikasih daun cengkeh, jadinya berasa nyes di tenggorokan. trus saya ngebayangin ngerokok gitu ya? ih, saya mah gitu). Pokoknya minuman biasa, bukan yang Kobbhu’, yak. Beda banget.

Nah, cengkeh yang saya ributin itu ternyata memiliki khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, radang lambung, rematik, campak, dan lainnya.

Wedang uwuh ini konon diracik oleh abdi dalem keraton yang sedang mengumpulkan dedaunan yang tampak tidak bermanfaat itu. Padahal, salah satu bahan wedang uwuh itu adalah pala yang memiliki kandungan berupa saponin, flavonoid, dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, melancarkan sistem pencernaan, menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas, mengatasi penyakit lambung, serta melancarkan sirkulasi darah. Keren kan, ‘sampah’ ini?

Belum lagi secang, biang pembuat warna pinky yang menggoda itu ternyata bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti batuk darah, sifilis, dan peradangan. Wow! Eh, tambahan lagi, kayu secang juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, sebagai antioksidan, antikanker, dan melegakan pernafasan. Sehat itu murah ternyata ya.

Apalagi ngomongin jahenya. Sehatnya pasti, kan? Menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, plus menurunkan kolesterol. Plus berikutnya? Mengendalikan tekanan darah tinggi.

Pelengkap yang membuat wedang uwuh menjadi semakin nikmat adalah kehadiran gula batu. Iya, gula batu. Jadilah sebuah minuman manis, enak, hangat, dan sehat. Jangan pakai gula pasir ya? Iya, nurut aja.

bahan wedang uwuh

Cara Membuat Wedang Uwuh

Tergantung seperti apa wedang uwuh yang dipakai. Ada yang asli berbentuk ‘sampah’ dedaunan, biji, dan kayu. Ada pula dalam bentuk teh celup. Bahkan ada yang sudah berbentuk bubuk instan.

Saya memilih yang murni. *halah…

Maksudnya, saya memilih yang masih berupa rempah utuh tetapi cepat saji, tanpa perlu direbus. Seperti kemasan yang saya dapatkan dari Dipa ini, saya hanya memerlukan waktu 2 menit untuk menyajikannya (karena nungguin air mendidih).

Satu bungkus wedang ditaruh di dalam mug (biar puas minumnya). Masukkan gula batu. Jahenya digeprek supaya lebih endeus aromanya. Tuang air panas (saya pilih mendidih) dan diamkan sekitar 5 menit (gelasnya ditutup).

Siap diminum deh! Sebaiknya jangan diminum sendirian. Anyep. Mending sama pasangan. Supaya bisa saling menghangatkan. Heuheu.

Selamat menikmati wedang uwuh ya. Bisa dipesan di beberapa marketplace langganan loh. Atau, bisa langsung pesan ke Dipa di nomor 0856 2921 871 (sekalian kalau ada yang mau pesan rempah lainnya juga). Selamat melestarikan kuliner khas Jogja dan merasakan khasiatnya dalam tubuh. Serius, sehat itu ternyata murah. Sakit yang mahal.

Salam!

Categories: Journey | Tags: , , | 3 Comments

Tibera Hotel Cibeunying Bandung, Keheningan di Tengah Kota

Petualangan sederhana dimulai ketika sahabat saya mendadak memberitahukan bahwa ada sejumlah tenggat artikel yang harus diselesaikan dalam waktu 24 jam. Berhubung dia juga ingin meeting dengan saya di hari Ahad pagi, akhirnya dia memutuskan untuk memberi akomodasi agar saya bisa fokus menulis.

Menyenangkan adalah ketika saya diminta memilih sendiri akan menginap di mana. Bagian menyebalkannya adalah pada akhir pekan, awal bulan, di Bandung adalah perpaduan sempurna sulitnya menemukan budget hotel di tengah kota. Terutama di daerah Jalan L.L.R.E Martadinata alias Jalan Riau.

Mencari Penginapan Last Minutes

Tibera Hotel Cibeunying

Semua kamar Tibera Hotel menghadap taman

Dari sekian banyak tawaran penyedia informasi penginapan di ranah maya seperti Agoda, booking.com, pegipegi, airyrooms, dan Traveloka, akhirnya yang terakhir menjadi pilihan. Saya pilih bertransaksi dari situsnya melaluo laptop, bukan aplikasi supaya lebih cepat mencari.

Banyak diskon bertebaran. Tetapi karena dana tak banyak, pilihan penginapan di harga 600 ribuan ke atas tentu tak masuk incaran. Apalagi yang harganya sejutaan. Bukan gaya saya pun kalau mencari hotel mewah.

Saya tidak terpikirkan untuk mencari lokasi khusus. Sahabat saya hanya bilang, “Cari aja daerah Riau.”

Tibera Hotel Cibeunying

Tibera Hotel Cibeunying Bandung

Pemandangan dari teras kamar pojok

Pencarian berhenti di Tibera Hotel. Lokasinya di Cibeunying Selatan. Saya pikir, mungkin dekat Selaras Guest House dan Taman Cibeunying Selatan, ternyata ada di sisi dekat Jalan Bengawan. Jauh aja. Dari depan, hotel bintang dua ini tampak tidak mencolok, tetapi kesan teduh langsung terasa.

Oh ya, selain di Cibeunying Selatan, Tibera Hotel juga ada di Ciumbuleuit. Bisa jadi pilihan bagi yang ingin berwisata ke arah Punclut atau Setiabudhi.

Pada tanggal 4 November 2017, saya mendapatkan harga satu kamar Deluxe Twin dengan sarapan untuk dua orang seharga kurang dari Rp500.000,- Lumayan untuk penawaran last minutes yang tak banyak pilihan. Awalnya saya rada bete dapat kamar di belakang. Ternyata itu keuntungan untuk saya…

Satu hal yang membuat saya cukup terkejut adalah, lokasinya dekat pembuangan sampah. Sehingga, ketika saya datang dan melakukan check-in, aroma semerbak itu lumayan mengganggu. Untungnya, kamar saya ada di belakang, sehingga gangguan itu bisa berkurang.

Malam hari setelah saya dan anak-anak bermalam mingguan (hasek, ceritanya gituh!), saya menikmati suguhan teh di meja dekat front desk. Sayangnya sudah dingin. Tetapi rasanya seperti ada herbal, entah apa. Wangi.

Kamar Tibera Hotel

Tibera Hotel Cibeunying

Kamar Tibera Hotel Cibeunying Bandung

Mari masuk ke kamar. Dua tempat tidur standard ini mengapit satu nakas di tengah. Ada pintu yang bisa dibuka untuk menikmati suasana taman. Ada AC split yang akhirnya tidak saya gunakan karena udara juga sudah cukup dingin.

Di meja yang luas untuk bekerja ada lampu baca dan daftar menu. Di lemari ada dua gantungan baju. Ternyata hanya disediakan dua botol air mineral ukuran @ 330ml. Tanpa termos, kopi, dan teh yang sempat saya bayangkan. Euh, baiklah. Tapi mereka menyediakan dua bungkus kecil camilan (yang tak sempat saya lihat itu apa karena langsung diembat oleh anak-anak).

Tibera Hotel Cibeunying Bandung

Wastafel Kamar Tibera Hotel Cibeunying

Kamar mandinya standard. Perlengkapan mandi ada dua handuk, pasta gigi, sikat gigi, sabun, dan sampo. Aliran air dari shower air panas cukup lancar.

Disediakan dua slippers yang ada di bawah tempat penyimpanan tas.

Sumber listrik disediakan di dua tempat: dinding dekat pintu menghadap taman dan di kaca lemari. Di dekat kasur malah tidak tersedia.

Fasilitas Tibera Hotel

Tibera Hotel Bandung

Sudut bermain dan santai Tibera Hotel Cibeunying

Bagaimana dengan hotel secara keseluruhan? Ada pojok bermain untuk anak, ternyata. Di tempat yang sama, lumayan lah ya, bisa buat selfie dan pamer di Instagram. Meski menurut saya sih gak terlalu Instagrammable amat.

Disediakan beberapa mainan untuk tamu yang membawa bayi dan balita. Ada tempat nongkrong buat merokok, karena dilarang keras merokok di dalam kamar atau bahkan di teras kamar. Dendanya lumayan lho. Tetapi saat pagi hari, saya mendapati ada satu tamu di lantai 2 sedang merokok di teras. Ah, sudahlah ya.

Ada coffee corner. Nggak sempat nyobain kopinya. Lain kali, mungkin.

Tibera Hotel Bandung

Restoran Tibera Hotel Cibeunying

Menu di restorannya? Oke, ketika saya mencoba sarapan di sini, saya mau kasih nilai 8/10 deh. Lumayan enak nasi kuning dan tempe kuningnya. Sayangnya, untuk semur ayam agak terlalu keasinan untuk lidah saya. Bubur sumsumnya enak, gurihnya pas. Tersedia roti tawar dan corn flakes juga. Jus jeruknya terlalu manis. Buahnya tersedia semangka saat saya sarapan. Tidak saya ambil karena bukan buah favorit keluarga. Saya dan anak-anak lebih suka melon dan pepaya, if any.

Omong-omong soal kecepatan WiFi di sini… Hmmmm… 6/10. Saya tes untuk unduh film (ups…), dari pukul 8 malam hingga 11 malam hanya berhasil unduh 1 film kartun sebesar 600 MB. Paginya, saya baru berhasil unduh 1 film kartun lagi dari pukul 6 hingga 8 sebesar 700 MB. Dibandingkan dengan WiFi di hotel lain yang pernah saya singgahi, dalam 4 jam bisa unduh 5 film, rasanya cukup bikin manyun.

Pekerjaan saya pun sempat sulit disimpan karena loading lumayan. Saya akan berpikir dua kali untuk menginap kembali di sini jika tujuannya untuk bekerja. Hahahahaha…

Untuk “melarikan diri” dari kesibukan sepanjang minggu, menghabiskan waktu sendirian atau berdua pasangan di sini bolehlah direkomendasikan. Hening, sepi, tenang, dan nyaman. Serius. (*lirik #MyA)

Sebagai salah satu penginapan murah di Bandung, Tibera Hotel ini bisa menjadi surga kecil bagi mereka yang tidak memusingkan kecepatan internet dan pilihan saluran hiburan televisi. Pilih kamar, ambil buku favorit, matikan koneksi internet, dan nikmati akhir pekan.

Sekitar Tibera Hotel Cibeunying

Kalau senang berjalan kaki, di sekitar Tibera Hotel Cibeunying, Anda bisa sampai ke tempat gaulnya anak muda Bandung dengan mudah. Bisa pilih Kopi Anjis di Jalan Bengawan yang jaraknya tidak sampai 1 kilometer. Anda bisa juga ke Warunk Upnormal Jalan Riau mau masuk ke Jalan Aceh, memintas dari Jalan Serayu. Di sini ada Bakso Tahu dan Cuankie Serayu yang beken itu lho. Keluar Jalan Riau, seberang sebelah kanan ada Nasi Kalong. Sebelum sampai ke Upnormal, Anda menemukan Marugame Udon. Dekat Upnormal, ada Pizza Hut. Masa iya, jauh-jauh ke Bandung hanya mampir di Pizza Hut?

Masih tak jauh dari Kopi Anjis, ada tenda sate ayam di pinggir jalan, dekat lampu merah. Etapi lupa di jalan apa ya itu, soalnya lihatnya pas malam, gerimis pula. Nggak ngeh di mana. Pecinta kuliner sejati pasti bakalan nemu, kok.

Mau ke taman? Ada Pet Park, bagi yang suka membawa hewan peliharaannya bermain di ruang publik.

Mampirlah ke Masjid Al-Lathiif di Jalan Saninten, bisa tembus dari Jalan Bengawan. Masjid tempat lahirnya komunitas Pemuda Hijrah (SHIFT) dengan Ustaz Hanan Attaki sebagai komandannya. Tak jauh dari masjid, ada tempat nongkrong ngopi asyik, namanya KOPWEH. Coba ya.
TIBERA HOTEL CIBEUNYING
Alamat: Jl. Taman Cibeunying Selatan No.7, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114
Telepon: +62 22 7100236
Instagram: TiberaHotel

Categories: About Traveling / Backpacking, Money and Budget | Tags: , , , , , | Leave a comment

Wanitaku

(Tulisan Adis / Takdos )

Journey and adventure

Via IG @mindsetofgreatness

Wanitaku nanti, harus dia yang lebih suka ngeribetin beli tiket ke mana, daripada beli baju kayak gimana. 

Wanitaku nanti, harus dia yang galauin ketinggalan sale tiket pesawat daripada sale sepatu branded.

Wanitaku nanti, harus dia yang matanya sering kelilipan debu pas hiking, daripada kelilipan gara-gara kecolok pensil alis. 

Wanitaku nanti, harus dia yang lebih senang menghabiskan waktu di pantai, daripada buang waktu di mall. 

Wanitaku nanti, harus dia yang lebih suka ngegendong ranselnya, daripada ngejinjing tas bermerknya. 

Wanitaku nanti, harus dia yang seneng pamer fotonya lagi traveling, daripada foto selfienya di kamar mandi, bangun tidur, mau tidur, abis make up, mau makan, selesai makan, disolatin, dikafanin. 

Wanitaku nanti, harus dia yang berani coba makan makanan baru, daripada ngeribetin urusan dietnya. 

Wanitaku nanti, harus dia yang lebih seneng ngabisin uangnya buat beli perlengkapan traveling, daripada buat beli kosmetik. Anyway, kamu akan terlihat cantik dari personality-mu, bukan dandananmu. 

Wanitaku nanti, mungkin kamu?

————–

Bagian “disolatin, dikafanin” emang khas Adis banget lah itu.😂 Harap maklum.

Jadi, wahai cewek traveler, mau jadi pasangannya Adis? Sampe tulisan ini aku copas, desye masih single fighter.

Categories: Journey | Tags: , | Leave a comment

Traveling Bareng Pasangan Sebelum Menikah

Sudah baca tentang pasangan hobi traveling lebih bahagia? Nah, kalau belum menikah, kayaknya hal paling mudah untuk ‘uji nyali’ ketangguhan hubungan kalian adalah dengan traveling deh. Gak percaya? Mengintip artikel tentang keharusan traveling sebelum menikah, gak ada salahnya direncanakan lho. Serius!

Nih, saya salin ulang tulisan dari artikel aslinya di sini yah, dengan sedikit suntingan tanpa mengubah isinya.

1. Dengan traveling bersama kalian dapat mengenali kekurangan dan kelebihan masing-masing

Bermain-main di pantai bersama

Bermain-main di Pantai bersama (source photo)

Mengenali kekurangan dan kelebihan masing-masing adalah hal yang sangat penting diketahui jika ingin hubungan berlabuh di pelaminan. Karena hal ini akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan berumah tangga nantinya. Oleh sebab itu, menciptakan rencana perjalanan bersama merupakan cara yang sangat jitu untuk dapat mengetahui sifat pasangat secara jujur.

Jika selama ini kalian dan pasangan hanya saling mengenal hal-hal baiknya saja, dengan traveling bersama kalian akan melihat seluruh sifat baik kekurangan maupun kelebihan pasanganmu. Apakah si dia bisa menjadi pemimpin yang baik? Atau apakah ada yang ditakuti pasanganmu? Semua tentu akan terlihat jelas jika kalian melakukan perjalanan bersama.

2. Dengan traveling kalian akan dilatih untuk saling bermusyawarah bersama

Memilih keputusan secara bersama, adalah hal yang akan sering ditemui dalam kehidupan berumah tangga nantinya. Sebagai pasangan suami istri, kalian dituntut untuk dapat membuat keputusan berdua secara adil dan solutif. Tidak boleh lagi ada keegoisan dari salah satu pasangan, kalian harus kompak dan mau menghadapi resikonya berdua. Ketika kalian melakukan perjalanan, tentu dapat melatih hal penting semacam ini.

Seperti pemilihan tujuan yang ingin dikunjungi, menggunakan kendaraan apa hingga perhitungan budget yang dikeluarkan. Sehingga keputusan yang dipilih bukan hanya dari satu kepala saja melainkan hasil dari keputusan bersama, berlatih kompak sebelum menikah tentu penting dong?

3. Dengan traveling bersama, kalian akan tahu komitmen si dia dalam menjaga kehormatan

Menikmati waktu bersama

Menikmati waktu bersama (source photo)

Dengan melakukan traveling bersama kalian tentu akan banyak memiliki waktu bersama, dan dari situasi tersebut tentu dapat menimbulkan risiko yang harus dihindari. Misalnya karena terus bersama kalian berdua menjadi terbawa suasana. Namun disinilah saatnya kalian untuk menilai pasanganmu, kalian dapat mengecek sejauh apa kamu dan pasangan bisa menjaga komitmen untuk berpegang pada nilai yang kalian punya.

Jika selama perjalanan pasanganmu tetap menjaga dan setia pada kesepakatan untuk tidak berbuat kotor, itu adalah salah satu pertanda bahwa si dia adalah pasangan yang bisa dipercaya. Sebaliknya, Jika pasanganmu justu berusaha merayu dan mencari-cari kesempatan untuk melakukan hal-hal yang tidak kalian mau, mungkin kalian harus memikirkan ulang apakah si dia adalah orang yang tepat untuk menjadi teman seumur hidup.

4. Dengan traveling bersama kalian akan tahu, seberapa protektifkah ia dalam menjagamu

Jika dalam hubungan berpacaran pasanganmu terlihat begitu perhatian dan menjagamu lewat telepon genggam, itu belum bisa dibuktikan sebelum kalian melakukan perjalanan bersama. Karena sikap itu akan dapat terlihat jelas ketika kalian sedang traveling bersama.

Misalnya tidak mengizinkan pasangan perempuannya untuk mengendarai sepeda motor, meskipun pasangan lelaki sudah cukup lelah berkendara, atau memberikan bantuan ketika pasangan membutuhkan uluran tangan ketika mendaki. Jika kepedulian pasanganmu sangat tinggi, itu artinya pasangan kalian dapat menjagamu secara nyata.

5. Dengan traveling bersama kalian akan tahu, bisakah ia hidup susah dan melepas zona nyamannya

menjadi pasangan romantis

menjadi pasangan romantis (source photo)

Meski traveling masih sering dianggap sebagai kegiatan bersenang-senang, nyatanya tidak semua orang berani keluar dari zona nyamannya untuk pergi berpetualang. Banyak orang yang masih memiliki ketakutan seperti takut ditipu ataupun tersasar, berbeda dengan sosok seorang petualang yang berani dalam menghadapi risiko apapun di depannya.

Dengan traveling bersama pasanganmu, kalian tentu dapat melihat dengan jelas, seberapa beranikah pasanganmu untuk menantang diri sendiri dan pergi mencari pengalaman dengan melepas zona nyaman yang sudah dimilikinya. Jika pasanganmu berani melakukannya itu adalah sebuah pertanda bahwa dia layak untuk dipertahankan. Kemauan dan kemampuannya berpetualang menjadi bukti ketangguhan sikapnya. Karena sikap tangguh seperti ini akan sangat diperlukan dalam mengarungi bahtera rumah tangga nantinya.

6. Mengetahui kemampuannya dalam menyelesaikan masalah dan tantangan

Menghadapi berbagai tantangan dalam sebuah perjalanan adalah hal yang biasa terjadi. Seperti misalnya dipertemukan dengan orang yang berniat jahat dan hendak melakukan penipuan. Atau mungkin halangan dalam hal cuaca yang buruk, sehingga tempat yang kalian ingin kunjungi tidak dapat dilewati.

Dari sana kalian akan dapat melihat, bagaimanakah insting pasanganmu dalam menghadapi masalah tersebut. Karakter pasanganmu akan terlihat jelas dan dapat kamu kenali lebih dalam. Keputusan seperti apa yang diambil dalam saat mengatasi kesulitan adalah gambaran bagaimana dia akan bersikap di kehidupan pernikahan nantinya.

7. Dengan traveling bersama kalian akan memiliki kenangan tak terlupakan

Jika selama ini momen kencan kalian dengan si dia se-mainstream di kafe, bioskop, atau kampus saja, itu pertanda bahwa kalian harus segera menciptakan kenangan bersama yang tidak terlupakan. Menjelajah pantai-pantai tersembunyi, gunung-gunung nan indah, atau pergi ke museum kota bisa jadi membuat hubungan semakin langgeng.

Memori-memori indah tersebut bisa menjadi kenangan yang nantinya dapat diingat ketika kalian berdua menikah nantinya. Momen-momen yang diabadikan pun dapat menjadi koleksi menarik di hari tua. Mungkin saja ketika sudah berstatus suami istri nantinya kalian dapat mengulang perjalanan tersebut dengan semangat yang berbeda.

Jadi, sudahkah si dia layak untuk diajak melangkah bersama seumur hidupmu? Coba ajak traveling bareng dulu deh! 😆

Categories: About Traveling / Backpacking, Journey | Tags: , , , | Leave a comment

Rencana Traveling? Booking Melalui Tiket.com Aja!

Apa yang kamu butuhkan saat merencanakan sebuah perjalanan? Tiket pesawat? Tiket keretaapi? Pesan kamar hotel? Butuh mobil sewaan saat di tempat liburan atau dinas luar kota? Berburu tiket konser artis idola? Pilihan saya selalu jatuh ke tiket.com. Bebas rasa khawatirnya beneran terasa. Ngalahin rasa khawatir ditinggal gebetan. *eh

Continue reading

Categories: Money and Budget, Plan To Go | Tags: , , | Leave a comment

5 Tempat Ngopi Asyik di Bandung

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata “ngopi asyik di Bandung”? Nongkrong bareng teman, gebetan, atau kolega bisnis? Pagi, siang, sore, malam, kapan pun kamu mau, sekarang di Bandung bertebaran kedai kopi dengan berbagai interior menarik, pilihan biji kopi favorit, sampai harga yang bervariasi. Oh, jangan lupa! Lokasi asyik sesuai selera.

Saya lupa kapan persisnya tempat ngopi gaul ini mulai booming di Bandung. Saya sendiri baru pindah ke Bandung, jadinya masih gak ngeh di mana saja lokasinya.

Continue reading

Categories: Journey | Tags: , , , | Leave a comment

Wisata Pantai Kejawanan Cirebon

Ini harusnya ditulis tahun lalu. Gapapa ya? Namanya cerita, apalagi soal traveling, gak akan pernah basi untuk dibagikan. Apalagi, kalau kamu ngaku tukang jalan, menjelajah tempat yang gak biasa itu sesuatu. Termasuk wisata pantai di Cirebon. Sebagai kota pinggir laut, pantai di Cirebon cukup membuat Air, keponakan saya yang super aktif itu bertanya, “Where’s the white sand?” Karena bingung, menjejak di pantai yang justru berlumpur.

Mari menjelajah Pantai Kejawanan Cirebon, yang mulai terkenal dan ramai dikunjungi oleh pelancong dengan biaya murah meriah. Masuk pantainya GRATIS, tetapi parkir ada biayanya. Gak mahal kok. Rp5000 (eh, apa Rp3000 ya? lupita) cukup untuk satu motor sepuasnya, tanpa hitungan jam.

Continue reading

Categories: About Traveling / Backpacking, Journey | Tags: , , | Leave a comment

Sajian Khas Sunda di Kelapa Lagoon Bandung

Kamu hobi berwisata kuliner? Sedang berada di Bandung? Bingung karena kebanyakan rekomendasi dari sana sini? Silakan cek Kelapa Lagoon, restoran dengan menu khas Sunda dilengkapi suasana lembur kuring yang nyaman, sejuk, dan bikin betah berlama-lama. Bawa perut kosong kalau ke sini.

Kelapa Lagoon Bandung

Kelapa Lagoon

Saya mendapat kesempatan untuk menikmati suasana Kelapa Lagoon Bandung yang baru (setelah direnovasi) pertengahan Februari 2017 untuk menikmati menu Tumpeng Pelangi Mini (yang belum ada di menu saat saya ke sana) dan dibuat takjub olehnya.

Continue reading

Categories: Journey | Tags: , , | Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.