Surga Rafting Indonesia

Sekali coba, pasti ketagihan! Nah, hasil intip lokasinya, rasanya asyik buat dijajal. Kamu gimana?

Sumber tulisan dari sebelah SINI ­čÖé

Arung jeram biasanya dilakukan di sungai-sungai yang memiliki aliran deras. Berikut ini adalah sungai yang seru untuk arung jeram di Indonesia:

1. Sungai Alas, Nangroe Aceh Darussalam

Sungai Alas merupakan sungai yang membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Aliran sungainya memiliki grade 3-4, yang tentu cukup deras. Tapi tidak hanya itu, Sungai Alas juga memiliki belokan-belokan tajam yang siap menantang Anda. Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa mengarungi Sungai Alas mulai dari Muarasitulan di Kutacane sampai ke Gelombang. Sementara bagi Anda yang sudah mahir dan menginginkan tantangan seru bisa menjajal rute arung jeram dari Angusan.

Sembari ber-arung jeram Anda bisa menikmati pemandangan sekitar sungai yang indah, namun itu juga kalau sempat karena Anda harus fokus dengan dayung Anda.

Sungai Alas. Sumber: http://www.exploringnation.com

2. Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat

Sungai ini berada di provinsi Sumatera Barat. Sungai Batang Tarusan juga sangat bagus dilakukan arung jera untuk pemula karena memiliki tingkal kesulitan grade 2+ hingga 3, dengan arus air yang lumayan stabil saat musim kemarau. Namun saat musim hujan, arus airnya mencapai grade 4+, jadi pastikan untuk Anda yang ingin belajar berarung jeram untuk menjajal sungai ini di musim kemarau.

Arung jeram bisa Anda lakukan dari Desa Taratak yang berjaral 20 menit dari Jalan Lintas Padang-Painan.

Sungai Batang Tarusan. Sumber: http://www.parimbo.com

3. Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Sungai Citarik termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun. Sungai Citarik sangat bagus untuk pemula karena memiliki tingkat kesulitan 3 untuk berarung jeram, namun tentu saja Anda harus menggunakan pemandu biar lebih aman. Harga dan fasilitas berbeda di setiap penyelenggara arung jeram. Terdapat paket dengan jarak dari 5 km, 9 km, 13 km, bahkan sampai 17 km.

Jalur dengan bebatuan besar menjadi ciri khas sungai ini.

Sungai Citarik. Sumber: http://www.disparbud.jabarprov.go.id

4. Sungai Pekalen, Probolinggo

Sungai ini memiliki grade 2 sampai 3+ untuk arung jeram karena itu masih aman bagi pemula yang baru pertama kali berarung jeram. Terletak di Dusung Angin-angin, Desa Ranu, Gedang. Arung jeram di sini juga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Pekalen Atas, Pekalen Tengah, dan Pekalen Bawah. Jaraknya pun berbeda-beda, Pekalen Atas memiliki jarak tempuh 12 km, Pekalen Tengah 7 km, sedangkan Pekalen Bawah sampai 10 km.

Sambil berarung jeram, Anda bisa melihat 10 air terjun hingga Goa Kelelawar.

Sungai Pekalen. Sumber: http://www.bromotourtravel.com

5. Sungai Ayung, Ubud, Bali

Sungai ini terletak di Desa Payangan. Sudah menjadi sungai yang dikhususkan untuk arung jeram. Merupakan sungai terpanjang di Bali, dengan panjang jalur arung jerang mencapai 12 km. Memili tingkat kesulitan 2 hingga 3, karena itu cocok untuk pemula yang ingin berarung jeram. Anda bisa berarung jeram dari Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan dengan waktu tempuh 2 jam.

Yang unik dari sungai ini Anda bisa melihat pahatan-pahatan tebing karya seniman Ubud di beberapa titik.

Sungai Ayung. Sumber: http://www.ksmtour.com

6. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara.

Sungai ini terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa. Sungai ini dapat Anda capai dari Manado dengan menempuh perjalanan selama 3 jam. Tingkat kesulitan sungai ini adalah 3 sampai ke 5, namun jika sudah di musim penghujan bisa mencapai grade 6. Oleh karena itu sungai ini lebih sering digunakan sebagai latihan arung jeram para atlet atau orang yang telah mahir.

Untuk menyelesaikan rute saja, Anda butuh waktu 5 jam. Cukup lama, bukan?

Sungai Nimanga. Sumber: http://www.wisatamelayu.com

Advertisements
Categories: Plan To Go | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: