Naik, Naik, Ke Puncak Gunung

Siapa juga yang nolak diajak mendaki gunung? Masalahnya, gak semua medan dakinya ramah buat semua orang pula. Nah, untuk pemula, coba deh cek beberapa gunung yang jalur pendakiannya bisa diselaraskan dengan fisikmu. Kalau sudah mahir, bolehlah kek Himalaya. *eh, gimana?

Aku ambil beberapa ringkasan aja yah? Silakan dipilih šŸ˜‰

Gunung Ramah Untuk Pemula

1. Gunung Papandayan

Dengan ketinggian 2.665 mdpl, Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki trek yang cenderung landai. Traveler bisa mendirikan tenda di Pondok Salada dan Tegal Alun. Pondok Salada berupa tanah lapang dan padang edelweis yang luas.

Dari sini, kamu bisa melihat langsung Hutan Mati yang dipenuhi pohon-pohon mati tanpa daun. Tegal Alun mirip Alun-alun Suryakencana di Gunung Gede, tanah luas yang dipenuhi bunga edelweiss saat musim hujan. Untuk mencapai Pondok Salada, traveler hanya perlu trekking selama sekitar 2 jam, lalu 3 jam hingga Tegal Alun.

2. Gunung Putri

Berkemah di Gunung Putri di Cihideung, Bandung cocok bagi pemula atau traveler yang ingin melepas penat menikmati panorama alam yang hijau. Jika ingin merasakan alam liar yang sebenarnya, kamu dapat berjalan lebih jauh sekitar 3 km ke arah gunung.

Saat trekking ke Gunung Putri, traveler akan disuguhkan pemandangan hamparan luas perkebunan teh, lalu melalui beberapa jurang, tebing, dan curug yang masih asri. Jangan lupa membawa makanan yang praktis dimasak, serta jaket karena cuacanya cukup dingin.

3. Gunung Gede-Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango membentang di 3 wilayah: Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Inilah gunung favorit para pendaki saat akhir pekan. Gunung ini cocok bagi pemula. Meski demikian, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango masih sangat terjaga keasliannya.

Pengelola setempat melarang pendaki meninggalkan sampah saat naik ke dua gunung ini. Kelengkapan alat pendakian juga akan di cek petugas sebelum kamu mulai mendaki. Hamparan padang edelweiss di Alun-alun Suryakencana dan Alun-alun Mandalawangi sangat memanjakan mata!

4. Gunung Ijen

Gunung Ijen di Banyuwangi yang terkenal dengan kawah yang memesona. Bagi pemula, gunung ini patut coba didaki karena cukup menantang dengan kemiringan 60 derajat pada dinding kawahnya. Puncak Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl.

Jangan lupa siapkan stamina dan kamera untuk memotret keindahan Kawah Ijen. Ada baiknya bila traveler tidak memakai sendal jepit selama berjalan di Kawah Ijen. Utamakan keselamatan! Dari dekat, traveler dapat melihat kawah dengan asap belerang yang mengepul.

5. Gunung Bunder

Gunung Bunder berada di Bogor, Jawa Barat. Ketinggiannya antara 750-1.050 mdpl. Kawasan ini terkenal oleh banyaknya curug (air terjun) yang dekat dengan jalan raya, sehingga mudah dijangkau. Wisatawan bisa mendirikan tenda di Bumi Perkemahan Gunung Bunder. Di sini ada fasilitas outbound yang bisa diikuti oleh kamuĀ dan keluarga.

Untuk mencapai Gunung Bunder, traveler bisa bertolak dari Kota Bogor menuju ke arah Institut Pertanian Bogor (IPB) kampus Dramaga. Lalu perjalanan dilanjutkan ke arah Ciampea, Cibungbulang, kemudian sampailah kamu di Gunung Bunder.

6. Gunung Api Purba / Nglanggeran

Gunung Api Purba di Yogyakarta atau dikenal dengan Gunung Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta memiliki medan yang tidak terlalu berat dan terjal. Di sinilah traveler mendaki dan melihat cantiknya Kota Gudeg dari ketinggian.Ā Gunung ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari susuan karst yang menjadi ciri daerah Gunung Kidul.

Trek yang mudah dilalui membuat gunung ini aman bagi pendaki pemula. Untuk mencapai desa Nglanggeran, kamu cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan bermotor. Meski begitu, Ā harus berhati-hati saat melangkah di bebatuan besar. Jarak tempuh dari pos keamanan sampai puncak gunung kurang lebih 1,5 jam. Selain itu, terdapat 5 Pos untuk traveler beristirahat selama perjalanan dari kaki gunung sampai puncak.

Gunung ini pas banget buat kamu yang baru pertama kali mendaki gunung. Dengan ketinggian yang cuma 700 mdpl dan medan yang landai, cuma butuh sekitar 1 jam untuk sampai di puncak. Puncak di sisi selatan cocok lho buat dijadikan tempat kemping.

7. Gunung Andong, Jawa Tengah: 1.762 mdpl

Gak jauh dari Yogyakarta, tepatnya di Magelang, Jawa Tengah, ada juga gunung yang cocok buat belajar mendaki pertama kali, bernama Gunung Andong. Gunung ini tingginya hanya 1.726 mdpl, tapi menawarkan pemandangan menawan di puncaknya. Kamu gak usah kuatir tersesat di siniā€“bahkan jika hanya hiking seorang diriā€“karena jalurnya mudah dan jelas, dilengkapi sejumlah papan penunjuk.

Dari basecamp sampai ke puncak, cuma butuh waktu sekitar 1,5 jam berjalan kaki. Di atas, kamu bisa menemukan puncak yang menyerupai punuk sapi. Untuk bisa mencapai puncak ā€œpunukā€ tersebut, kamu harus cukup bernyali, karena mesti melewati jalan setapak yang sempit dengan jurang di kanan-kirinya.

8. Gunung Prau, Jawa Tengah : 2.565 mdpl

Gunung Prau adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia, sehingga tempat ini menjadi tempat favorit pecinta alam untuk kemping sambil menanti mentari terbit. Dari puncaknya, kamu bisa melihat puncak Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

Jalur trekking tersingkat bisa kamu lewati dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Cukup dengan melibas medan yang agak curam selama kurang lebih tiga jam, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di puncak yang tingginya 2.565 mdpl.

9. Gunung Batur, Bali : 1.717 mdpl

Nah, kali ini kita sedikit menyeberang ke timur Pulau Jawa, yaitu di Pulau Bali. Tepatnya di daerah Kintamani, kamu bisa menjajal pendakian ke puncak Gunung Batur. Dengan puncak setinggi 1.717 mdpl, gunung indah yang satu ini termasuk ramah buat pemula. Tapi, keindahannya jangan ditanya, pastilah bakal membuatmu terkagum-kagum.

Di puncak Gunung Batur, kamu akan menemukan salah satu kaldera terindah di dunia dengan Danau Batur sebagai pusatnya. Untuk sampai di atas, hanya diperlukan waktu sekitar 2-3 jam dengan medan yang tidak terlalu sulit. Oh iya, pastikan kamu memburu sunrise di puncak, ya!

10. Gunung Sindoro, Jawa Tengah: 3.136 mdpl

Gunung Sindoro sering disebut juga dengan Sindara atau Sundoro. Gunung yang terletak di daerah Temanggung, Jawa Tengah, ini adalah gunung berapi aktif setinggi 3.136 mdpl yang berdampingan dengan Gunung Sumbing. Puncaknya bisa ditempuh lewat beberapa jalur, antara lain Jalur Kledung (Temanggung), Jalur Sikatok (desa Sigedang ā€“ Kejajar Tambi kab. Wonosobo), Jalur Sibajak (Temanggung), serta Jalur Jlumprit (Dusun Katekan).

Buat pendaki pemula, menapaki puncak Sindoro adalah tantangan tersendiri. Medan yang ditempuh cukup bervariasi, mulai dari yang landai, terjal sampai curam. Belum lagi ditambah dengan ketiadaan sumber air. Tapi, segala kesulitan itu gak akan begitu terasa karena kamu bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalan.

11. Gunung Lawu, Perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah: 3.265 mdpl

Jangan ciut dulu dengan sosok Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 mdpl. Gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini cukup ramah bagi pendaki pemula, kok. Kamu gak perlu cemas dengan medannya, karena jalurnya relatif mudah dan aman. Selain itu, sudah tersedia bangunan beratap di setiap pos, sehingga memungkinkan pendaki untuk berteduh dan beristirahat.

Ada tiga jalur pendakian yang bisa kamu lalui, yaitu jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, dan Candi Seto. Buat pemula yang ingin muncak, disarankan mengambil jalur Cemoro Sewu yang jarak tempuhnya lebih pendek. Yang unik, di pos 5 sebelum puncak terdapat sebuah warung yang menjajakan makanan, jadi kamu gak perlu takut kelaparan. Saat turun, barulah kamu mengambil jalur Cemoro Kandang, karena treknya landai, lebih aman buat lutut.

Sumber: HipWee & Detik Travel

Gunung Ramah Untuk Pemula 2

Yuk, siapa yang mau mendaki gunung dan berpacaran di sana kayak Nakki dan Okita? *eh, lawas bener! šŸ˜€

Advertisements
Categories: Journey, Plan To Go | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: