Biaya Perjalanan Bandung – Cirebon 3 Hari 

Rencanakan sebuah perjalanan dari jauh hari. Ini benar. Meski pada akhirnya, saat hari H tiba dan sepanjang perjalanan, selalu ada biaya tak terduga yang membengkak tidak karuan.

Meski saya tipe pejalan gimana-nanti-yang-penting-jalan-aja-dulu, harus selalu melakukan penyusunan jadwal dan penghitungan alokasi dana  awal. Seperti saat ke Cirebon.

Alun-alun Kejaksan Cirebon

Alun-alun Kejaksan Cirebon

Pemesanan tiket kereta api dilakukan mendadak setelah rumpi di Telegram dengan Vei.
Untuk tanggal 29 Juli, harga tiket pergi dengan kelas bisnis Cirebon Express tujuan Cirebon  adalah @ Rp80,000,- sementara tiket pulang kelas bisnis Cirebon Express tujuan Bandung adalah @ Rp90,000,-

Saya pilih kelas bisnis dengan alasan bahwa perjalanan kami harus menekan biaya seminim mungkin untuk transportasi. Fokus jalan-jalan kami adalah wisata kuliner dan sejarah. Toh kelas bisnis dan eksekutif ada dalam satu rangkaian. Untuk saya pribadi sih, gak ada bedanya. Eksekutif menang mahal doang. *digaplok#

Naik angkot di Cirebon lebih manusiawi daripada naik becak. Berulang kali naik angkot, setiap ditanya berapa, dijawab supir dengan, “Terserah Ibu aja.” Ada yang sebut angka, itu pun masih murah. Bahagia rasanya!

Naik angkot Rp4000,- dari Toha ke Bahagia. Dari Bahagia ke Grange Mall Rp6000,-. Dari Kartini (dekat KFC) ke alun-alun Kejaksan Rp3000,-. Itu semua bertiga. Dari Stasiun Kejaksan ke Cipto ujung (mau ke goa) Rp15,000,-. Dari goa ke Pasar Kanoman Rp15,000,-. Dari Toha ke Pantai Kejawanan Rp15,000,-. Dari pantai ke pintu pos 1 pelabuhan Rp10,000,- Dari – jalan apaan tau deh lupa, deket klenteng- ke Toha Rp10,000,-. Ini tarif berlima.

Naik becak dari Keraton Kasepuhan ke Masjid Merah @ Rp20,000,- . Dari Hero Bahagia ke Cordova @Rp25,000,-. Tentu saja dua becak.

Banyak jalan kaki selama di Cirebon karena jarak yang nanggung kalau naik kendaraan.

Sementara untuk penginapan, kami juga memilih yang murah (pake banget). Namanya juga backpacker prihatin. 😂 Pilihan jatuh ke Hotel Cordova yang berada  persis di seberang Stasiun Kejaksan Cirebon.

Hotel Cordova Cirebon

Hotel Cordova Cirebon

Untuk malam pertama, kami mengambil 2 kamar standard tanpa AC dan kipas angin, hanya dilengkapi exhaust fan seharga @ Rp70,000,- dengan sarapan setangkup roti oles margarin ditaburi meisjes pelangi dan teh manis hangat. Sayang gak sempat difotoin, keburu habis. Lapar. 😂
Malam kedua, kami pindah ke kamar superior seharga Rp154,000,- dengan twin bed dan AC window diisi berlima. Saya dan Salman tidur di lantai beralaskan bed cover sementara Vei dan Air tidur di kasur berdua, serta Umar sendirian di kasur satunya lagi.

Goa Sunyaragi Cirebon

Tiket Masuk Goa Sunyaragi

Nah, beralih ke bagian wisata sejarah. Untuk masuk ke Goa Sunyaragi, kami membayar @ Rp10,000,- per orang dewasa. Sementara anak-anak hanya dihitung satu tiket dewasa. Total 2 dewasa dan 3 anak adalah Rp30,000,- Untuk bantuan pemandu wisata, harus menggunakan jasa resmi dengan tanda pengenal. Biaya Rp50,000,- langsung diserahkan kepada si pemandu.

Museum Keraton Kanoman

Tarif Masuk Museum Keraton Kanoman

Melanjutkan perjalanan ke Keraton Kanoman, free of charge untuk berkeliling di lingkungan keraton. Sementara jika hendak melihat benda pusaka, dikenakan tarif Rp 7,000,- per orang.
Bergeser ke Keraton Kasepuhan, tarifnya lebih variatif. Untuk perorangan, cukup membayar tiket masuk. 3 anak harga tiketnya @ Rp15,000,- sementara 2 dewasa @ Rp20,000,- lumayan lah ya mursida untuk menikmati sajian kenangan di sini. *halah#

Keraton Kasepuhan Cirebon

Tiket Masuk Keraton Kasepuhan

Sementara bagi rombongan wisatawan (apalagi menggunakan bus atau konvoi) wajib menggunakan jasa tour guide (gak nanya berapa bayarnya).
Ya, untuk kami berlima, cukup ikut mengekor di belakang rombongan orang lain, mendengarkan penjelasan pemandu wisata secara haratis. Kan asyik. Oportunis banget ya? 😂

Baiklah. Sekarang bagian makan – makan. Kayaknya di agenda perjalanan mana pun, urusan perut selalu tak terduga, no? Apalagi jika membawa anak, yang berarti harus siap sedia recehan untuk membeli camilan.

Nasi Jamblang Pelabuhan Cirebon

Nasi Jamblang Pelabuhan Pos 1

Sarapan saat hendak berangkat, beli 2 roti Papa Bun di Stasiun Hall Bandung @ Rp20,000,- Tidak beli makan di kereta api. Maharani bambang, cyynn…
Mampir di Pempek Palembang 99 lumayan dapat diskon 10% jadi totalnya Rp79,000,-. Beli sate madura 20 tusuk + 2 lontong Rp26,000,-.

Jajan pagi di Goa Sunyaragi cukup dengan uang ceban sudah dapat banyak camilan dan minuman es. Lanjut makan siang di Pasar Kanoman dengan total Rp103,000,- dan beristirahat di teras Indomaret lupa deh habis berapa saat beli minum. Gak sampe goban lah.

Pas sore, makan mi koclok dan minum totalnya Rp97,000,- udah kenyang banget berlima. Hamdalah! 👍 🙂

Gak makan malam karena masih kenyang, tapi beli camilan klepon 10 buah di depan Hero Jalan Bahagia Rp6,000,- saja.

Sarapan pagi gak di hotel karena nasi goreng baru siap pukul 07.30 WIB, sementara kami hendak bersiap ke pantai. Ya sudah, beli bubur kacang ijo dan minuman habisnya berlima gak sampe goban juga.

Beli jajanan di Pantai Kejawanan Cirebon lumayan banyak. Hahahahaha 😂 Beli kepiting Rp30,000,- dan rebon Rp5,000,-.  Beli kopi dan gorengan Rp20,000,-. Beli es buat krucil Rp3,000,-.

Lanjut makan nasi jamblang, saya dan krucil habis Rp63,000,- termasuk minum teh botol.

Di stasiun sebelum pulang, makan makanan puncak dosa, yaitu empal gentong. Seporsi Rp22,000,- dan saya membeli 2 porsi pakai lontong tambah Rp2,000,-. Minum es teh manis Rp3,000,-.

Nah,segitu deh habisnya. Murah meriah, kan? Ya, karena memang pengeluaran harus ditekan sebisanya.

Sekian laporan budget tiga hari berwisata ke Cirebon. Hati senang, pikiran tenang, perut kenyang. Kan gitu? ;)😎

Advertisements
Categories: About Traveling / Backpacking, Money and Budget | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: