5 Tempat Ngopi Asyik di Bandung

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata “ngopi asyik di Bandung”? Nongkrong bareng teman, gebetan, atau kolega bisnis? Pagi, siang, sore, malam, kapan pun kamu mau, sekarang di Bandung bertebaran kedai kopi dengan berbagai interior menarik, pilihan biji kopi favorit, sampai harga yang bervariasi. Oh, jangan lupa! Lokasi asyik sesuai selera.

Saya lupa kapan persisnya tempat ngopi gaul ini mulai booming di Bandung. Saya sendiri baru pindah ke Bandung, jadinya masih gak ngeh di mana saja lokasinya.

Nah, sekarang saya mau kasih tau lima tempat ngopi asyik di Bandung dari sekian banyak yang masih perlu disambangi. Nanti akan ada edisi berikutnya, penjelajahan selanjutnya.

 

KOPIDOME

Kopidome

Kopi Mandailing – Kopidome

Beralamat di Jl. Ciliwung, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114, tempat ngopi ini luas bin lega. Memiliki jenis kopi nusantara lumayan lengkap, single origin honey process . Makanya saya girang banget ketika tahu ada kopi Mandailing di sini, karena di banyak tempat lain gak sedia.
Lokasinya di pojokan antara Jalan Ciliwung dan Jalan Supratman, persis di sebelah Toko Buku Togamas. Ada area luar dan dalam ruangan.

Semuanya smoking area. Sabar aja ya, buat yang gak merokok, pinter-pinter cari tempat supaya aman. Kalau cari colokan, ada di tiap meja pinggir dekat tembok atau kaca. Ada Wi-Fi juga. Enak untuk kongkow, meeting santai, ngerjain makalah kuliah, atau sekadar ingin menghilangkan penat sebentar.

Metode penyajian di Kopidome adalah manual brewing dengan pilihan syphon, V60, rokpresso for espresso, dan french press. Pilihan kopinya ada single origin Toraja, Mandailing, Gayo, dan beberapa kopi nusantara lainnya.

Saya belum nemu media sosial Kopidome. Kalau ada yang tahu, kabarin di kolom komentar ya!

 

KOPI KIWARI FARMERS

kiwari farmers

kopi kiwari. photo credit : Ambu Endah.

Ini salah satu tempat asyik yang gak pernah sepi. Agak butuh perjuangan ke sana (untuk saya yang lebay) karena lumayan jauh dari Padasuka. Tepatnya di Jl. Palapa No.55, Padasuka, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40911. Etapi kalau kamu gak mau repot, bisa lho sewa mobil di Bandung. Siapa tau sekalian jalan-jalan ke Saung Angklung Udjo, kan gak jauh tuh lokasinya.

Ke sini bareng gebetan, pacar, atau sahabat? Bisa banget. Suasananya yang Bandung banget bakalan bikin kamu betah. Bersiap mikir nyari spot buat foto yang Instagramable di sini. Agak susah cari colokan. Jangan terlalu ngarep. Lagian, orang ke sini kebanyakan buat ngopi santai, ngobrol face to face bukan face to screen lho. Hahaha!

Camilannya ada beberapa pilihan, tapi yang jadi perhatian tetap CIRENG! Kalau kehabisan, ya pesan aja yang lain.

Jenis kopi spesial di sini adalah single origin Manglayang Karlina honey process. Menu lainnya ada single origin Gunung Halu dan Ciwidey.

Metode penyajian kopi di sini pastinya ada manua brewing with V60, french press, dan dripper. Oh, ada juga automatic machine for espresso. Tau dong, beda proses, beda hasil. Tergantung selera.

Instagram : @kiwarifarmers

 

 

BARAYA COFFEE

baraya coffee

baraya coffee. photo credit by Ambu Endah.

Lokasinya ada dua. Pertama di Jalan BKR (patung ikan) dan di Jalan Purwakarta 228 (di seberang GasMin Antapani). Saya sih enakan ke Purwakarta. Deket rumah keponakan. Bisa sekalian main. Tempatnya asyik. Jajanan banyak dan boleh dibawa ke dalam kedai.

Colokan? Ada. Wi-Fi? Ada. Cireng? Ada. Buku bacaan? Banyak. Suasananya cozy dan sepi. Justru enak buat ngerjain tugas yang butuh keheningan dan ketelitian tinggi.

Jenis kopi yang disediakan di sini ada single origin honey process and natural process. Sementara untuk proses penyajiannya adalah V60, french press,  dan dripper.

Menu kopinya ada Manglayang, Gunung Halu, dan Rancakalong.

Instagram : @barayacoffee

Website : barayacoffee.com

 

 

ALASKOPI TRADISIONAL (Warung Kopi Alam Santosa)

Alaskopi ekowisata santosa

Alaskopi Tradisional

Selain kopi Gayo dan Toraja yang beken itu, sekarang ada kopi Papua Wamena dan Bali Kintamani. Buat kamu yang belum pernah cobain kopi dari ujung timur Indonesia ini, wajib mampir!
Lokasinya ada di Jl. Pasir Impun Atas No. 5A. Butuh perjuangan lebih dari sekadar ngegas motor untuk menuju ke Alas Kopi. Melewati jalanan yang sepi, kanan kiri rumput liar yang sangat tinggi, plus gelap kalau kamu pulang malam. Tapiiii…. Really worth it karena semua pengalaman ngopi, menjelajah tempat wisatanya juga sungguh menyenangkan. Piknik di sini!

Jenis kopi yang ada di sini adalah single origin honey process dengan metode penyajian manual brewing by V60, syphon, dripper, dan french press.

Kamu bakalan lupa nyari Wi-Fi di sini. Menjelajah lah. Eko Wisata Santosa ini tempatnya luar biasa indah. Rugi banget kalau kamu terus terpaku pada layar gawai. Sumpah! Tempat ini Instagramable banget. Setiap pojoknya, sejauh mata memandang. Tenang, urusan colokan kalau batere kamera kamu habis, aman lah. Ada itu sih.

Bersantai ngopi sambil makan pisang bakar cokelat keju? Hmmm… Enak! Atau, kamu mau coba hot chocolate di sini? Bebas! Lapar? Pasti. Karena cuaca yang lumayan dingin, bakalan bikin perut kamu memelas minta diisi. Ada nasi goreng yang porsinya bisa buat 2-3 orang sepiring. Huahahahaha! Mantap kan?

Instagram : @alaskopitradisional

 

 

KOPWEH

kopweh. photo credit by Ambu Endah.

kopweh. photo credit by Ambu Endah.

Berlokasi di Jl. Cendana / Jl. Suren No.11, Cihapit, Bandung, Jawa Barat, 40114 gak akan membuat kamu nyasar, kok. Dekat dengan Masjid Al-Lathiif di Jalan Saninten.

Tempat ngopi ini gabung dengan penjual makanan lain dan juga pojok vaping. Camilan di sini beraneka ragam. Jadi, termasuk riuh lah. Tapi urusan rasa kopi, jangan dianggap remeh. ENAK BANGET! Colokan, ada di meja dekat tembok. Wi-Fi juga ada. Tenang aja. Buat kongkow chancik, bisa banget. Pas jam salat, bisa melipir dulu ke masjid. Kalau ada kajian (untuk para remaja dan dewasa yang butuh pencerahan batin dan iman bisa ke sini) kan masjid ramai tuh. Nah, lapar dan haus tinggal ke Kopweh deh!

Jenis kopi yang ada di sini adaah single origin honey process and natural process. Kamu mau disajikan dengan cara apa? Kopweh membuatnya dengan manual brewing by V60, french press, dripper, and rokpresso for espresso. Menunya bisa kamu pilih antara kopi single origin Manglayang, Gunung Halu, Ciwidey, atau Toraja.

Instagram : @kopweh

 

 

Nah, itu lima lokasi ngopi favorit saya. Kamu akan mendapatkan informasi tempat ngopi asyik di Bandung lainnya nanti ya. Sabar.

Jangan lupa, kalau mau ke Bandung dan bingung gak tau harus menginap di mana, banyak banget hotel di Bandung. Mau bintang 2 sampai 4, ada beragam pilihan. Gak punya teman menginap? Hubungi saya! Nanti kita ngobrol sampe capek dan mengantuk. Sebelum tidur, ngopi dulu gapapa kan, ya?

Salam!

 

Advertisements
Categories: Journey | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: