Berani Mencoba Cokelat Tadulako Khas Palu?

TADULAKO COKELAT : PILIHAN TEPAT BUAT YANG BERANI

Sekilas Tentang Tadulako Cokelat

Tadulako nama seorang pahlawan dari Sulteng yang namanya diabadikan menjadi nama universitas di kota Palu.

Pertama kali buka pada tahun 2012. Tadulako Cokelat adalah Industri Kecil Menengah (IKM) yang lahir karena sang pemilik melihat peluang usaha dari bahan baku cokelat yang melimpah di Kota Palu.

Pada awalnya Tadulako Cokelat adalah produk tiruan dari produk cokelat yang sudah ada di pasaran. Meniru 100%, produk lain ganti kemasan, Tadulako Cokelat pun ikut ganti. Produk lain punya logo, tadulako ikut buat logo. Semuanya tanpa konsep dan strategi yang jelas. Hanya memikirkan yang penting punya produk dan bisa jualan.

Namun ternyata, menjadi follower atau produk me-too, itu sangat melelahkan. Tanpa diferensiasi produk maka sangat sulit untuk bersaing dengan produk sebelumnya yang sudah punya market dan pelanggan. Dari sinilah kemudian, Nadira A. Pallawa sebagai pemilik mulai mencari cara agar Tadulako Cokelat bisa memiliki keunikan tersendiri dan membedakannya dengan produk cokelat lain yang sudah ada.

Untungnya, pada bulan Maret 2017. Nadira Andi Pallawa berkesempatan untuk belajar Bisa Bikin Brand yang diadakan oleh Pak Bi di Kota Palu. Akhirnya Tadulako Cokelat mulai berbenah. Target market mulai dipetakan, produk diperbaiki, dan lain-lain, hingga lahirlah tagline dan positioning baru.

Tagline Tadulako Cokelat

Tagline /Slogan dalam brand canvas terdapat pada urutan 14, artinya untuk bisa mencapai tahapan tersebut tadulako cokelat harus dan telah melewati tahapan-tahapan 1- 13. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa membuat tagline itu memang tidak boleh asal, asal enak didengar, asal enak diucapkan.

Dulu Tadulako cokelat beberapa kali berganti-ganti tagline. Pernah slogannya “find the delight of chocolate”, “Rajanya Cokelat Sulteng”, “Make your days always happy“. Semuanya dibuat secara asal saja, yang penting enak didengar dan enak diucapkan. Alhamdulillah kelelahan itu berakhir seiring dengan selesainya branding canvas Tadulako Cokelat dikerjakan.

Tagline/slogan Tadulako Cokelat saat ini adalah :
” PILIHAN TEPAT BUAT YANG BERANI ”

(narasi di atas diambil dari materi kulgram dengan sedikit penyuntingan)

choco bar

Kulgram dan Kuis

Setelah kulgram (kuliah telegram, karena diadakan di platform Telegram) dari Kak Nadirah selesai, diadakan kuis yang terlihat sederhana tapi menantang kepekaan menulis. Saya merasa tertantang dan akhirnya ikutan menjawab pertanyaan, “Apa positioning Tadulako Cokelat?”

Jawaban saya seperti ini –> Positioning Tadulako : cokelat khas Palu yang pahit membuat penikmatnya menjadi berani bergerak/bertindak.

AlhamduliLlah, jawaban ini menjadikan saya pemenang kuis dan mendapatkan hadiah sepaket Tadulako Colekat. Yaaaaayyy… Saya menerima 4 varian Tadulako Cokelat yaitu : Milk Chocolate with Cheese, Milk Chocolate with Raisins, Chocolate Dates, dan Praline Box dengan aneka isian.

candy box

Berani Memilih dan Menikmati Pilihan

Setelah paket hadiah tiba, yang saya lakukan adalah memilih, mana yang akan dicoba terlebih dahulu? Bahkan anak saya pun memilih.

Si sulung memilih Milk Chocolate with Cheese, sementara si bungsu memilih Milk Chocolate with Raisins (dan ini merupakan prestasi, dia menghabiskan semua anggur keringnya! biasanya pasti dipisahkan dan diberikan kepada orang lain. Saya, memilih Chocolate Dates. Kami sepakat menyimpan Praline Box sebagai kejutan di akhir.

Keju dalam bungkus cokelat yang dipilih si sulung terasa asin gurih khas keju premium. Enak banget. Sementara anggur kering yang dipilih si bungsu pun tidak terasa pahit sehingga dia mau memakannya. Kenikmatan kurma di setiap gigitan cokelat pilihan saya membuat varian ini menjadi favorit.

Untuk Praline Box… Hmmm… Nanti ah. Saya simpan untuk dinikmati di saat yang paling tepat.

choco balls

Memang benar, cokelat adalah mood booster paling tepat untuk saya, terutama. Salah satu makanan dewa dan super food yang menyehatkan. Camilan bikin gemuk? Kuna ah. Coba deh Tadulako Cokelat. Gak bakalan bilang nyesel. Pasti mau lagi. Kelak saya ke kota Palu, Tadulako Cokelat akan menjadi pilihan untuk dibawa pulang ke Bandung.

Salam!

Ikuti Tadulako Cokelat di Instagram Tadulako

Blog sederhananya juga bisa diintip di Tadulako Cokelat

Silakan hubungi WA 081354534745 untuk informasi dan diskon pemesanan.

Advertisements
Categories: Journey | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: